Monday, December 17, 2012

Tips Untuk Presentasi dengan BAIK

Haiii semua pengunjung blog murid SD ^^ bosen ya ngomongin anime terus ? sekali kali ngomongin sekolah yuk ! pasti gak jarang kan kalian disuruh presentasi/ maju ke depan ? kalau mau tau, murid SD ini yahh.. cukup handal dalam hal itu.. sekarang aku pengen ngasih tips trik untuk kalian presentasi.. ~

1.Hilangkan nervous !
Cara ngehilangin nervous, kalian tinggal BACOT aja.. misalnya Assalamualaikum, selamat pagi, hai teman teman, atau apalah dulu.. kalau udah ilang, baru kalian ngomong... !

2. Lantangkan suara kamu !
Presentasi itu suaranya harus lantang dan percaya diri. Kalau suara pelan, dijamin nilai jelek deh. harus pede dan suaranya keras, isi nya jelas, dan kalau bisa singkat, biar penonton gak bosen.

3. Bergerak dan Eye contact
Presentasi pasti akan bosenin kalau diem aja.. masih mending kalau bareng2 dan waktunya cuma 2 menit 3 menit .. kalau 20 menit ? 1 jam ? kayak seminar ? no way . kalian harus bergerak, kuasai panggung. emang sulit. harus banyak latihan, nanti juga otomatis, gerakan, jalan, dan eye contact kita adalah respon.

4.Interaksi dengan penonton
Aku emang bukan jago interaksi, tapi temenku ada yang jago pisann.. jadi kalian bisa kasih pertanyaan ke temen2, atau ngelucu, kek apalah kek .. wkwkwk

5.Lupa ? so what !
Lupa ? menurut kita yang presentasi itu HAL FATAL. semua kacau, pikiran kacau, nervous, malu dan lain lain. udah dijamin itu mah, ga terhindar sama aku sendiri.. tapi gimana ya cara ngilangin lupa ? ada 3 hal yang bisa kalian lakuin : 
a. Ngomong kata kata tambahan yang berhubungan misal : " Arteri koronaria adalah arteri yang mengantarkan oksigen dan makanan... " terus kalian lupa... kalian tambahin aja " Jadi, kalau gaada arteri koronaria, jantung kita bisa kekurangan oksigen dan makanan.. " langsung pasti kalian inget " dan itu namanya penyakit jantung koroner " gituuu ! atau ulangin kata yang tadi pake kalimat yang berbeda juga boleh !
b. Selingkan pakai pertanyaan. di sela lupa itu, bisa kalian selingin sambil nginget nginget. misalnya contoh diatas : " arteri koronaria adalah arteri yang mengantarkan oksigen dan makanan.. " Aduh lupa ! " Eeeee.. ada yang pernah denger soal ini sebelumnya ?" udah inget baru " Kalau arteri koronaria kita rusak, kita bisa kena jantung koroner! "
c. cara ini emang kurang baik,,, dan sbenernya boleh digunain kalau di sekolah doang... ya... tinggal bilang kalau kita lupa... ._.V kayak temen temenku juga sering " aduh lupa !" " aduh salah " " eh maaf maaf ulangi lagi oke ? " wkwkwk...

6. Sampaikan penutup yang berkesan, 

Sekian dari murid SD, semoga bisa bermanfaat bagi temen2 yang masih kesulitan presentasiii...

Salam hangaattt ^^

No comments: