Sunday, March 1, 2009

Dongeng sumatera utara,batu gantung

Di kabupatenSimalungun,provinsi sumatera utara terdapat sebuah kota kecil yang bernama"parapat". parapat ini ada di dekat danau toba, jadi tak heran kalau tempat ini banyak dikunjungi para wisatawan,karena pemandangan alamnya yang indah.
kenapa tempat itu dinamakan parapat?,dan kenapa katanya ada batu yang berbentuk seperti manusia disana? simak cerita ini.

di daerah pinggiran danau toba terdapat sebuah desa. di desa itu tinggal seorang pasangan suami istri yang mempunyai anak perempuan.konon,munculnya gadis itu menjadi pembicaraan orang orang desa setempat. selain wajahnya yang cantik jelita, dia pun suka membantu orang tuanya. seruni itulah nama gadis itu. keluarga itu mempunyai ladang yang sangaat lah luas.pada suatu hari kedua orang tua seruni ada keperluan yang harus di selesaikan di desa tetangga, sehingga seruni pergi sendirian,tapi untunglah ada toki anjing seruni yang menemaninya kemanapun. ke ladang.setelah sampai, seruni diam seperti orang yang kehabisan tenaga. dia bukan bekerja mengurus ladang, melainkan mencari tempat duduk yang nyaman.setelah mendapat tempat duduk yang nyaman dia langsung memandang danau toba yang indah dan permai. toki bingung apa yang sedang dipikirkan gadis itu. dia hanya bisa menggonggong saja. sebenarnya dia sedang memikirkan, orang tuanya yang telah menjodohkanya dengan seseorang yang hampir disebut sepupunya. sedangkan, dia sudah menjalani hubungan asmara denga lelaki lain. dia pun berfikir "aku tak mau berpisah dengan lelaki itu". tapi disisi lain juga dia berfikir tak mau menentang keputusan orangtuanya. tanpa berfikir panjang dia langsung berdiri dari tempat duduknya, ternyata dia ingin menghabisi nyawanya dengan cara menyebur ke danau toba. langkah langkah nya tak beraturan,tanpa sengaja dia masuk ke sebuah lubang batu yang dalam. "tolong"... dia merasa batu itu semakin menggepitnya. akhirnya dia putus asa dan berkata"perapat,{merapat},perapat,perapatlah dinding. anjingnya hanya bisa menggonggong meminta bantuan, setelah bentuan datang dan para penduduk mengulurkan tali,bumi berguncang sangat kerasnya orang orang segera berlari. setelah hal itu berlangsung terdapat batu yang berbentuk seorang gadis. dan kota itu pun dinamakan parapat karena kata kata yang diucapkan seruni terus menerus.
teman teman jangan mudah putus asa seperti seruni ya...

No comments: